ANTISIPASI KARHUTLA-Sigit : Setiap Kelurahan Perlu APAR

  • Bagikan
Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto menilai pentingnya setiap kelurahan di Kota Palangka Raya memiliki alat pemadam api ringan (APAR), sebagai upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun musibah kebakaran di komplek perumahan warga.

“Memang saat ini sudah ada tim serbu api kelurahan (TSAK) di setiap kelurahan, namun untuk APAR perlu dilengkapi juga. Sebab sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo, beberapa waktu yang lalu, seluruh wilayah di Tanah Air wajib melakukan upaya pencegahan dini terhadap karhutla. Nah ketersediaan sarana dan prasarana tersebut akan mendukungnya,” katanya, Senin (1/3/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, APAR memiliki fungsi sebagai upaya antisipasi dini bila terjadi karhutla atau peristiwa kebakaran. Utamanya, mencegah membesarnya api kecil menuju skala yang lebih besar.

“Baru-baru ini pihak pemerintah kota telah memberikan bantuan sarpras berupa kendaraan roda 3 bagi Kelurahan Langkai yang akan dipergunakan tim TSAK mencegah terjadinya karhutla. Kita sangat mengapresiasi hal tersebut. Harapannya bisa kembali ada pemenuhan sarpras agar lebih lengkap lagi,” ucap Sigit.

Diketahui, APAR memiliki banyak fungsi. Sebagai sarana memadamkan api, juga  digunakan untuk membasahi area pertanian yang mengalami kekeringan.

“Kedepan, alangkah bagusnya jika APAR ini selain perlu dimiliki setiap kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya, juga dimiliki instansi perkantoran, sekolah maupun swasta. Kapan perlu para pelaku usaha juga bisa mengadakan pembelian APAR upaya antisipasi dini bila terjadi peristiwa kebakaran,” harapnya.rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *