Satgas Siap Dampingi Pemakaman Jenazah Covid-19

  • Bagikan
ILUSTRASI/NET

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya bersama seluruh pihak terkait, termasuk lurah, camat dan tim relawan telah melaksanakan rapat koordinasi mengenai standar operasional prosedur (SOP) khusus bagi jenazah yang meninggal dunia akibat Covid-19, khususnya pasien isolasi mandiri dan suspek, Rabu (4/8).

Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan, khusus proses pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien isoman dan suspek akibat Covid-19 akan langsung ditangani oleh Tim Satgas dan relawan.

Bagi keluarga jenazah yang ingin mendapatkan layanan tersebut, dapat menghubungi pihak kelurahan/kecamatan di domisilinya masing-masing. Kemudian pihak tersebut akan berkoordinasi bersama Tim Satgas. Pihak kesehatan akan mengambil tindakan awal dengan melakukan pemeriksaan jenazah yang menjalani isoman ataupun yang suspek, apakah benar-benar meninggal dunia akibat Covid-19 atau akibat penyakit lainnya.

“Selanjutnya Tim Satgas akan memeriksa status jenazah seperti usia, jenis kelamin dan agamanya untuk kemudian dilakukan pemulsaran. Jenazah wanita akan ditangani oleh Tim Satgas wanita, begitu pula sebaliknya. Namun, akan disesuaikan dengan agama dan kepercayaan jenazah,” jelas Emi.

Usai dilakukan pemulasaran, maka Tim Satgas akan melakukan proses pemakaman dan meminta keluarga apakah ingin dimakamkan pada kawasan pemakaman khusus Covid-19 atau pada kawasan pemakaman keluarga.

“Tim Satgas akan memberikan fasilitas layanan pemakaman dan pemulasaran jenazah bagi mereka yang membutuhkan, termasuk melakukan pendampingan dan sosialisasi. Dengan begitu, selama pemulasaran dan pemakaman jenazah akan terpantau protokol kesehatan mencegah sebaran Covid-19 di keluarganya,” tuturnya.

Sedangkan untuk pendampingan terhadap ibadah duka keluarga usai pemakaman, lanjut Emi, tidak akan dilakukan oleh Tim Satgas dan diserahkan sepenuhnya kepada pihak keluarga. Namun, pihak keluarga tetap diarahkan untuk mendapatkan asistensi dari pihak Satgas sebelum melaksanakan kegiatan ibadah duka. rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *